November 03, 2008

Keajaiban Basmalah 2

Makna Basmalah
PENTINGNYA TAFAKKUR Terhadap MAKNA BASMALAH
Apabila seseorang yang berakal dan senang berfikir merenungkan dan men-tadabburi makna basmalah, maka makna-makna yang penting dan maksud-maksud yang agung akan segera dipahami oleh hatinya, sehingga ia memperoleh 'inayah (pertolongan Alloh) dan perhatian yang sungguh-sungguh (untuk mengamalkan makna-makna dan maksud-maksud tersebut).
Hal ini akan menghasilkan:
1. Pemeliharaan terhadap (hak-hak) basmalah.
2. Pemeliharaan terhadap makna-maknanya yang nampak menonjol, yakni:
a. apa yang ditemukan di dalam diri seseorang yang membaca basmalah berupa kebutuhan terhadap pertolongan Alloh beserta taufik-Nya dalam mengamalkan basmalah.
b. apa yang dirasakan di dalam diri seseorang yang membaca basmalah berupa keinginan yang kuat mewujudkan amal perbuatan yang sesuai dengan perintah agama yang hanif (lurus) ini.

MAKNA BASMALAH
Jika demikian halnya, maka seorang pembaca basmalah seakan-seakan dirinya mengadakan dua perjanjian kepada Alloh 'Azza Wajalla:
Pertama, bahwa sesungguhnya kehendaknya dalam beramal adalah untuk sesuatu yang diyakini akan membawa maslahat.
Kedua, bahwa sesungguhnya amalnya tidak akan keluar dari sesuatu yang dibolehkan oleh agama dan ditetapkan sebagai adab-adab yang layak.
Ketika membaca basmalah, seorang mukmin haruslah memperhatikan dan menyadari akan dua perkara:
Pertama, bahwa ia berlepas diri dari daya, upaya dan kekuatannya sendiri. Ia hadapkan dan ia serahkan sepenuhnya kepada daya dan upaya dan kekuatan Alloh ta'ala.
Kedua, bahwa wujud segenap keadaan dan tindakannya seakan-akan mengatakan:
"Wahai Robbku, aku tidak memulai perbuatanku ini dengan kekuatan atau dengan namaku, kecuali dengan kekuatanMu dan dengan Nama-Mu. Maka, bahagiakanlah aku, mampukanlah aku dan berkahilah aku pada perbuatanku ini."
(dinukil dari Buku Keajaiban Basmalah dengan judul bahasa arab Asroorul Basmalah oleh Prof. Ibrohim bin Muhammad adh-Dhubai'i, dengan penerbit Media Tarbiyah, Bogor cetakan I Juni 2007).

Tidak ada komentar: